Passenger Survivor Jadi Istilah Baru yang Viral di TikTok, Apa Artinya?

Liputan6.com, Jakarta – Passenger princess adalah istilah slang TikTok bagi seorang perempuan yang hanya bertugas untuk menjadi cantik dan duduk di bangku penumpang selagi seseorang di kursi kemudi mengendarai mobil untuknya, biasanya kekasihnya. Mereka bersikap cantik layaknya seorang putri, menaruh tasnya dan mengambil tugas untuk mengatur suhu Air Conditioner dan memutar lagu serta memelintir volume speaker, sembari dipakaikan sabuk pengaman oleh kekasihnya.

Tren ini berseliweran di platform berbagi video pendek TikTok yang dipopulerkan gadis-gadis untuk memamerkan treatment yang diterimanya dari sang pacar sebagai sebuah kebanggaan. Tentu istilah ini juga dipakai di platform media sosial lainnya.

Di barat, slang TikTok ini sering dipakai tak hanya dalam kesan imut, namun juga gurauan yang sedikit menyindir, karena terkadang menjadi passenger princess berarti dia tak memiliki SIM atau mungkin hanya malas hingga tak suka berkendara.

Baru-baru ini, seorang wanita beridentitas online @selvishraa mengunggah video pendek yang menyertakan istilah slang baru sebagai counter dari passenger princess, yaitu “passenger survivor” dan menuai beragam respons. Rupanya tren ini sempat ramai di belahan dunia barat pertengahan 2023, dimulai dari konten seorang pengguna TikTok dengan nama @sonya_mancheva yang mencapai 9 juta penonton.

Frasa gaul itu diketik dengan membedakan kata survivor dengan abjad kapital sebagai penekanan sekaligus bercandaan.

Tentu maksud dari frasa ini bukanlah membalas si laki-laki dengan menaruhnya di kursi penumpang, karena kata passenger masih ada di situ. Melainkan gurauan karena dirinya berhasil survive karena telah bertahan lama di bangku penumpang untuk disetir sang kekasih yang hobi menancapkan gas penuh alias ngebut.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *