Target Ambisius Chery Jadi Merek Tiongkok Nomor 1 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Chery memang terbilang merek baru di pasar otomotif nasional. Namun, pergerakan pabrikan asal China ini cukup agresif, mulai dari mendatangkan banyak line-up kendaraan, termasuk mobil listrik dan juga memperluas jaringan penjualannya di Indonesia.

Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Zeng Shuo menuturkan, Chery memiliki ambisi dengan mengincar status merek Tiongkok nomor satu di Tanah Air.

“Sekarang Chery di global market, di luar China tahun 2023 kami jual hampir 1 juta unit, belum termasuk pasar China. Itu membuat Chery 21 tahun menjadi nomor satu untuk merek China. Jadi, di luar China, Chery memimpin ekspor selama 21 tahun berturut-turut,” jelas Zeng Shuo, saat ditemui di arena IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024).

Lanjut Zeng Shuo, Chery sendiri di beberapa pasar dunia telah berhasil menjadi merek China nomor satu.

Sebagai contoh, di Malaysia, Chery mampu mengalahkan jenama lain, seperti BYD dengan catatan penjualan sebanyak 1.500 unit per bulan, dengan model listrik Omoda E5 belum dibawa ke Negeri Jiran tersebut.

“Bulan mei, setelah Lebaran, kami akan bawa Omoda E5 ke Malaysia. Setelah itu launching, kami berharap bisa jual di atas 2.000 unit sebulan. Di Indonesia, kami punya rencana jual 1.000 unit tiap bulan,” tegasnya.

Sebagai informasi, Chery Group berhasil menutup 2023 dengan penjualan sebesar 1.881.316 unit. Jumlah tersebut, bahkan naik sebesar 52,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pencapaian ini melampaui tingkat pertumbuhan industri dan menegaskan posisi Chery sebagai eksportir mobil penumpang teratas di China selama 21 tahun berturut-turut, dengan ekspor sebanyak 937.148 unit kendaraan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *